Waduuh Perhatikan Deh, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok pada Pria

Perhatikan, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok pada Pria


Biasanya masalah rambut rontok lebih sering dikeluhkan oleh para wanita. Namun faktanya kondisi ini juga bisa dialami oleh pria. 

Seperti disampaikan oleh American Hair Loss Association dan dikutip dariMedical Daily, Selasa (15/3/2016), rambut rontok pada pria memang sangat mengganggu, terlebih yang berkaitan dengan kebotakan dan masalah kepercayaan diri.

Oleh sebab itu, yuk kenali 5 penyebab rambut rontok pada pria dan cara mengatasinya:



1. Genetik
Rambut rontok pada pria yang menimbulkan kebotakan dengan pola huruf U pada bagian atas kepala biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Biasanya kondisi ini lebih mungkin dialami oleh pria yang memiliki ayah dengan kondisi yang sama. 

2. Faktor penuaan
Tidak bisa dicegah, faktor pertambahan usia juga berpengaruh terhadap kerontokan rambut, terutama pada pria. Umumnya kondisi ini terjadi setelah seseorang mencapai usia 30 tahun ke atas. 

3. Gaya hidup
Selain faktor genetik, gaya hidup yang tak sehat juga dapat memengaruhi kerontokan rambut. Termasuk di antaranya pola makan tak sehat dan stres. Seperti tubuh manusia, rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan tetap sehat.

Mengurangi porsi makan secara berlebihan dan asupan zat besi yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Nah, untuk mengatasinya, cobalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi cukup protein, zat besi, zinc, dan biotin. 

4. Psoriasis
Rambut rontok juga dapat dikaitkan dengan kondisi kulit kepala, seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Psoriasis merupakan penumpukan sel-sel kulit menjadi bersisik dan gatal, sehingga sering dikira sebagai ketombe. Namun tidak seperti ketombe, psoriasis dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

5. Mengikat rambut terlalu kencang
Bagi pria yang memiliki rambut panjang dan sering diikat, perhatikan cara pengikatan yang tepat agar tidak rontok. Sama seperti pada wanita, mengikat rambut terlalu kencang dapat merusak rambut dan kulit kepala. Jika dilakukan terus-menerus, akar rambut bisa ikut rusak dan menjadi rontok.


Sumber:http://health.detik.com/

0 Response to "Waduuh Perhatikan Deh, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok pada Pria"

Posting Komentar