Owwh Ternyata Ini Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menangani Telur Ayam!

Kita tahu bahwa gizi yang terdapat di dalam sebutir telur cukup tinggi. Selain zat bernama lecithin yang baik untuk otak, telur juga kaya akan vitamin B yang baik untuk tubuh. Tapi Sobat Cerpen, ternyata cara pengolahan yang salah akan membuat gizi yang ada ini hilang! Di edisi kali ini, Cerpen akan menyajikan beberapa cara yang kurang baik dalam mengolah telur, yuk lihat sama-sama!

Kesalahan pertama: Masukkan telur ke dalam air mendidih
Ketika kita memasak telur, kita seringkali memasukkan telur ke dalam air yang sudah mendidih. Tapi ternyata ini bukanlah cara yang baik! Telur yang tiba-tiba terkena air panas akan sangat mudah pecah. Cara memasak telur yang lebih baik adalah dengan memasukkan telur ke dalam air dingin dan panaskan secara perlahan. Setelah air mendidih, biarkan selama 3 menit dan matikan api. Tinggalkan selama 5 menit dan angkat telur. Pada saat ini, kita akan mendapati kuning telur yang mengeras tepat waktu dan putih telur yang lebih lembut.
Kesalahan kedua: semakin lama kita memasak telur, kualitasnya akan semakin baik
Jika telur dimasak terlalu lama, zat besi yang ada pada kuning telur akan bereaksi dengan zat sulfur yang ada pada kuning telur dan membangun suatu senyawa yang sulit untuk diserap tubuh.
Kesalahan ketiga: kulit telur harus dikupas setelah telur mendingin
Sebenarnya, cangkang telur yang sudah mendingin akan lebih sulit dikupas karena seiring dengan waktu, putih telur akan mengalir dan menempel di cangkang telur. Cara yang paling baik untuk mengupas telur adalah dengan mengupasnya tepat saat telur yang panas tersebut dimasukkan ke dalam air dingin.
Sponsored Ad
Kesalahan keempat: mengetuk telur di pinggiran mangkuk atau kuali untuk meretakkan cangkang
Tidak sedikit orang yang mengetuk telur di pinggiran kuali saat memasak sayur. Saat ini, tidak jarang sedikit dari cangkang telur yang retak masuk ke dalam kuali dan mempersulit proses memasak. Mungkin mencari tempat yang rata dan bersih akan menjadi alternatif yang cukup baik.
Kesalahan kelima: Masukkan telur ke dalam kulkas tepat setelah dibeli
Telur yang baru dibeli sebaiknya tidak langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Penting untuk memeriksa apakah ada telur yang pecah atau kotor karena kotoran ayam. Selain itu penting untuk meletakkan telur dengan posisi lingkaran yang lebih kecil di bagian bawah dan lingkaran yang lebih besar di bagian atas. Telur yang baik akan memiliki putih telur yang cukup padat untuk menahan posisi kuning telur. Jika telur diletakkan dalam posisi miring/horizontal, kuning telur yang lebih ringan dari putih telur akan mengambang dan sangat mungkin untuk kuning telur ini menempel dengan cangkang telur.
Hari keenam: Telur ayam tidak memiliki masa kadaluarsa
Tidak jarang telur ayam yang ada di rumah beberapa orang disimpan setengah bahkan sampai 1 bulan. Sebenarnya telur ayam juga memiliki masa kadaluarsa, yang berarti jika jangka waktunya sudah habis, telur tersebut akan mudah rusak. Penelitian menyatakan jika telur ayam disimpan dalam suhu 2oC-5oC, telur yang segar akan bisa disimpan selama 40 hari. Sedangkan dibawah cuaca yang panas, telur ayam hanya bisa bertahan selama 10 hari sebelum telur ini rusak.

Sumber:http://www.9detik.co/

0 Response to "Owwh Ternyata Ini Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menangani Telur Ayam!"

Posting Komentar