Lakukan yah ! Ketika Mandi, Ini Hal yang Wajib Anda Lakukan

mandi
KEBERSIHAN sebagian daripada iman. Demikian kalimat yang mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Nah, kata itu menjadi cambukan bagi kita, sebagai orang yang beriman agar senantiasa menjaga kebersihan. Salah satu yang paling utama ialah menjaga kebersihan diri.
Salah satu tindakan yang dapat kita lakukan untuk membersihkan diri, tentunya dengan mandi. Dan perintah mandi ini menjadi wajib bagi kita yang sedang mengalami hadas besar. Seperti halnya sesudah berhenti dari haid, berhubungan badan antara lelaki dan perempuan maupun orang yang baru saja masuk Islam.
Ketika mandi pun ada hal-hal yang harus kita perhatikan. Sebab, mandi dalam hal ini bukanlah mandi seperti biasanya. Ada kewajiban yang harus kita tunaikan ketika mandi. Apa sajakah itu?
1. Niat, yaitu keinginan hati untuk menghilangkan hadats besar dengan mandi. Sebab, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seluruh amal perbuatan itu harus dengan niat, dan setiap orang itu tergantung pada niatnya,” (Diriwayatkan Al-Bukhari).
2. Menyiramkan air ke seluruh tubuh dengan menggosok bagian-bagian yang bisa digosok, dan menyiramkan air ke bagian-bagian yang tidak bisa digosok hingga seorang Muslim yakin bahwa air telah mengenai seluruh tubuhnya.
3. Mengalirkan air ke jari-jari dan rambut (rambut kepalanya, dan lain sebagainya). Dan mencermati tempat-tempat yang tidak terkena air, seperti tali pusar dan lain sebagainya.

Sumber:www.islampos.com

0 Response to "Lakukan yah ! Ketika Mandi, Ini Hal yang Wajib Anda Lakukan"

Posting Komentar