Owhh...Ternyata Begini Cara Mengantisipasi Gempa Bumi dan Tsunami!


Sobat cerpen pastinya sudah mengenal bahwa Indonesia adalah negara yang cukup sering mengalami gempa bumi. Nah, hari ini cerpen mau membagikan tips untuk mengenal tanda-tanda terjadinya gempa dan tsunami beserta cara mengantisipasinya.



Gempa bumi
Sebenarnya, sebelum terjadinya gempa, ada tanda-tanda dari alam kita ini lho. Kita harus mengenali tanda-tandanya supaya bisa mengantisipasi dengan baik!
1. Melihat keadaan langit
Kalau di langit ada awan seperti bentuk tornado, bisa jadi itu karena ada gelombang elektromagnetik yang hebat. Namun kemunculan awan seperti ini tidak selalu berarti akan ada gempa, bisa jadi karena bentuknya memang seperti itu.
2. Uji medan elektromagnetik di rumah
Kalau TV kamu tiba-tiba berbunyi brebet atau lampu neon bisa menyala bahkan tanpa arus listrik, berarti memang ada gelombang elektromagnetik yang besar sedang terjadi.
3. Memperhatikan hewan sekitar
Kamu boleh mencoba memperhatikan hewan-hewan. Kalau mereka menghilang, lari atau gelisah, biasanya mereka mungkin merasakan gelombang ini.
4. Air tanah
Air tanah yang tiba-tiba surut juga bisa menjadi salah satu tanda lho!
Nah, setelah mengenal tanda-tanda diatas, cara penanggulangan saat terjadi gempa bumi bisa dilakukan dengan cara-cara ini :
1. Kalau sobat cerpen ada di dalam bangunan, carilah perlindungan seperti di bawah meja yang kuat dan hindari bagian rumah yang terbuat dari kaca.
2. Jika gempa terjadi malam hari ketika kamu tidur, jangan lari keluar namun carilah tempat yang aman seperti di bawah tempat tidur dan menunggu sampai gempa berhenti.
3. Kalau kamu sedang mengemudi, berhentilah dan jauhi bangunan tinggi, pohon atau tiang listrik.
4. Kalau kamu ada di pantai, segera berpindah ke daerah yang lebih tinggi. Sedangkan kalau kamu berada di pegunungan, menjauhlah dari lereng dan jurang, tetap waspada pada baru atau tanah longsor akibat gempa.
Tsunami
Sebelumnya, kamu perlu tahu proses terjadinya tsunami. Tsunami sendiri biasanya berhubungan dengan gempa bumi.
Kamu bisa melihat ciri-cirinya dahulu :
1. Adanya gempa bumi
2. Penurunan air laut : Biasanya sebelum gelombang tsunami, air laut akan surut dengan cepat dan kembali dengan kekuatan yang besar.
3. Adanya suara gemuruh
4. Perilaku hewan sekitar
Hewan memiliki insting yang kuat dan bisa menangkap getaran atau perubahan tekanan udara sekitar mereka. Kamu bisa memperhatikan gelagat mereka yang mencurigakan. Biasanya burung-burung beterbangan menuju daratan dengan cepat. 
Sedangkan kamu bisa melakukan hal-hal ini sewaktu terjadi tsunami :
1. Kalau kamu berada di pantai atau dekat lautan, segeralah pergi ke daerah yang lebih tinggi ketika ada gempa bumi besar, tidak perlu menunggu sampai peringatan tsunami diumumkan.
2. Tetap tenang dan tidak panik, serta mengikuti jalur penyelamatan
3. Kalau kamu ada di rumah, pastikan seluruh anggota mengetahui gejala dan bahaya ini dan kalau bisa pergilah menuju tempat yang lebih aman.
Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi gempa dan tsunami! Yuk bagikan sama teman-teman kita!

Sumber:http://www.9detik.co/

0 Response to "Owhh...Ternyata Begini Cara Mengantisipasi Gempa Bumi dan Tsunami!"

Posting Komentar