Ingin Tau Caranya Menanamkan sikap Disiplin? Ini Nih Caranya

Ilustrasi: miriadna.com

ALLAH Rabb Yang Mahamulia telah mengatur segala aspek kehidupan ini dengan begitu sempurna. Salah satu hal yang sangat berharga yang telah Allah atur adalah waktu. Bahkan Allah membahas mengenai waktu ini dalam Al-Quran.
“Demi Masa. Sesungguhnya Manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran.”
(QS. Al-Asr [103] : 1-3)
Sesungguhnya manusia merugi, kecuali orang-orang yang saling menasehati dan dalm kebenaran dan kesabaran. Sungguh waktu di dunia ini tak terasa berjalan begitu cepatnya. Namun sayangnya kebanyakan dari kita tak dapat memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Kita seringkali menyia-nyiakan waktu dengan hidup tidak disiplin.
Hendaknya seorang muslim harus membersihkan dirinya dari sikap tidak disiplin. Hendaknya sebagai seorang muslim, kita mampu membangun kehidupan di atas sikap kesungguhan dan keseriusan, dan tidak membiarkan sikap tidak disiplin bersarang di seluruh sisi kehidupan kita.
Terdapat beberapa cara yang dapat membantu manusia untuk menghindarkan dirinya dari sikap tidak disiplin, antara lain :
1. Berkeyakinan bahwa waktu merupakan modal utama yang ada di permukaan bumi ini,
2. Selalu menjadikan kehidupan Rasulullah sebagai teladan bagi kehidupannya.
3. Berdoa serta merendahkan diri kepada Allah agar diberikan keberkahan waktu, karena jika Allah telah memberikan keberkahan waktu pada hambaNya, maka segala urusan hamba Allah itu akan menjadi mudah. Rasulullah Saw bersabda, “Ya Allah, berilah kepada umatku keberkahan pada pagi hari mereka.”
Keberkahan suatu hari dimulai dengan melaksanakan shalat shubuh secara berjamaah bersama kaum Muslimin. Sungguh sedikit sekali orang yang menggunakan waktu itu untuk berdzikir dan berdoa, lalu bagaimana mereka mendapat keberkahan pada hari itu? Kebanyakan kaum Muslimin melewati waktu yang penuh berkah ini untuk tidur setelah shalat shubuh, bahkan mereka tidur hingga matahari tinggi, jika demikian keadaan mereka, maka bagaimana mereka akan mendapatkan keberkahan waktu, karena intinya telah berlalu. Ibnu Abbas adalah seorang sahabat yang memukul anak-anaknya jika mereka tidur setelah shalat Shubuh sambil berkata, “Ini adalah waktu dibagi-bagikannya rizki.”
4. Memahami bahwa seruan Ajaran Islam adalah kepada kehidupan berdisiplin, dan Islam mencela kehidupan tanpa disiplin.
5. Bersikap zuhud terhadap dunia.
6. Selalu membuat program dan perencanaan untuk melakukan pekerjaan apa saja.

Sumber:www.islampos.com

0 Response to "Ingin Tau Caranya Menanamkan sikap Disiplin? Ini Nih Caranya"

Posting Komentar